Definisi dan Contoh I’rob Jazem

85898B4D950A4AADA5B73356D7DE00BE.ashx

I’rob adalah perubahaan keadaan akhir kata disebabkan masuknya ‘amil. Bisa juga dikatakan bahwa i’rob adalah perubahan akhir kata karena perbedaan jabatan kata di dalam kalimat. Salah satu bentuk i’rob adalah apa yang disebut dengan istilah jazem. Kata yang i’robnya jazm disebut majzum.

الجزم

Pengertian al-Jazmu [Jazm]

Secara bahasa kata al-Jazmu bemakna al-Qoth’u [memutus atau memastikan]. Adapun menurut istilah nahwu yang dimaksud dengan jazm adalah perubahan khusus yang ditandai dengan harokat sukun -di akhir kata- atau tanda lain yang menggantikannya. I’rob jazm ini hanya ada pada fi’il mudhori’ [kata kerja sekarang/akan datang] dan tidak ada pada isim [kata benda] atau jenis fi’il yang lain [madhi dan amr] (lihat Tuhfatus Saniyah)

Contoh Fi’il Yang Majzum

يَلْعَبْ

artinya: “Bermain”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

يَنْجَحْ

artinya: “Lulus”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

 يُسَافِرْ

artinya: “Bepergian”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

يَسْألْ

artinya: “Bertanya”; majzum dengan tanda sukun di akhirnya

Catatan: Untuk menyederhanakan, bisa dikatakan bahwa apabila suatu kata [fi’il mudhori’] diakhiri dengan sukun maka ia disebut dengan istilah majzum.

Sumber Kosakata: Tuhfatus Saniyah Syarh al-Muqaddimah al-Ajurrumiyah oleh Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 36 other followers

Keutamaan Ilmu

Abu Hurairah dan Abu Dzar radhiyallahu’anhuma berkata, “Sebuah bab tentang ilmu yang kamu pelajari lebih kami cintai daripada seribu raka’at sholat sunnah.” (lihat Tajrid al-Ittiba’ fi Bayan Asbab Tafadhul al-A’mal, hal. 26 karya Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaili hafizhahullah)

Pentingnya Ikhlas

Dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu’anhu, beliau menceritakan bahwa dahulu ada seorang lelaki yang datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu dia bertanya, “Ada orang yang berperang untuk fanatisme kelompok, berperang untuk menunjukkan keberanian, dan berperang untuk mendapat pujian. Manakah diantara itu semua yang berada di jalan Allah?”. Maka beliau menjawab, “Barangsiapa yang berperang demi meninggikan kalimat Allah, maka itulah yang berjihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keagungan Sabar

Sufyan bin ‘Uyainah rahimahullah berkata, “Tidaklah hamba mendapatkan karunia yang lebih utama daripada kesabaran. Karena dengan sebab kesabaran itulah mereka masuk ke dalam surga.” (lihat at-Tahdzib al-Maudhu’i li Hilyat al-Auliyaa’, hal. 459)
%d bloggers like this: