Perbaikan Sistem Belajar Program at-Taisir

Images_ongrey_400_Lernen

Bismillah.

Berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar bahasa arab jarak jauh at-Taisir yang diselenggarakan dan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran, berikut ini kami sampaikan beberapa informasi penting bagi segenap peserta.

Keanggotaan

Bagi peserta yang sudah lama tidak aktif dan ingin bergabung kembali maka kami masih memberikan kesempatan untuk mengikuti pelajaran dengan syarat sbb:

  1. Mengirimkan e-mail pemberitahuan ingin mengikuti kembali kegiatan belajar dan mencantumkan link akun fesbuknya untuk kami tambahkan ke grup belajar di fesbuk. E-mail pemberitahuan bisa dikirim ke : santritauhid [at] gmail [dot] com
  2. Menyebutkan pelajaran terakhir yang sudah diiikuti. Misalnya, ‘sudah ikut sampai pelajaran ke-4 kelas pemula’ atau ‘pelajaran ke-4 kelas menengah’.
  3. E-mail pemberitahuan bisa dikirimkan paling lambat akhir Maret 2014

Ujian Susulan

Bagi peserta yang belum mengikuti ujian sama sekali atau baru mengikuti sebagian ujian maka kami masih membuka kesempatan untuk adanya ujian susulan dengan soal yang baru.

Untuk itu kami harapkan peserta yang bersangkutan untuk mengirimkan e-mail pemberitahuan ingin mengikuti ujian susulan. Misalnya ‘ingin ujian susulan untuk materi bulan ke-1 kelas pemula’ atau ‘materi bulan ke-1 kelas menengah’.

E-mail pemberitahuan bisa dikirimkan ke alamat : santritauhid [at] gmail [dot] com paling lambat akhir Maret 2014. Jadwal ujian susulan akan kami umumkan kemudian setelah semua data calon peserta ujian terkumpul.

Nilai Ujian Yang Tidak Keluar

Berkaitan dengan nilai ujian yang tidak keluar dan kendala yang cukup besar apabila harus mengecek hasil ujian yang telah dikirimkan dan sekian lama tertumpuk di inbox e-mail. maka solusi yang kami tawarkan adalah peserta mengikuti ujian pengganti.

Prosedur pendaftaran ujian pengganti serupa dengan ujian susulan. Misalnya dengan mengirimkan e-mail pemberitahuan berisi ‘ingin ujian pengganti untuk materi bulan ke-2 kelas pemula’ atau ‘materi bulan ke-2 kelas menengah’.

E-mail pemberitahuan bisa dikirimkan ke alamat : santritauhid [at] gmail [dot] com paling lambat akhir Maret 2014. Jadwal ujian pengganti akan kami umumkan kemudian setelah semua data calon peserta ujian terkumpul.

Pembaharuan Sistem Ujian

Mempertimbangkan sistem ujian yang selama ini diadakan cukup menyulitkan dalam hal pemeriksaan dan proses penilaian, maka kami akan membuat sistem ujian yang baru dengan tata-cara sebagai berikut :

  1. Ujian akan dilakukan secara personal kepada masing-masing peserta via e-mail dengan pertanyaan yang akan kami kirimkan ke alamat e-mail peserta dan mohon dijawab dengan segera setelah membuka e-mail. Jumlah pertanyaan akan kami batasi lima pertanyaan dan penilaiannya akan langsung kami berikan via e-mail setelah peserta mengirimkan jawabannya kepada kami.
  2. Ujian secara personal ini akan kami berlakukan mulai bulan Mei dengan materi acak; artinya pertanyaan yang diberikan bersifat bebas, bisa dari bagian depan, tengah, atau akhir pelajaran yang sudah diberikan. Oleh sebab itu diharapkan peserta benar-benar mempersiapkan diri dan sering-sering mengulang pelajaran.
  3. Ujian dengan cara seperti ini cukup sederhana namun diperlukan kesiapan peserta untuk mengikutinya. Nah, untuk mengetahui kesiapan peserta maka kami harapkan agar peserta yang ingin mengikuti ujian secara personal memberitahukan kepada kami kapan kira-kira bisa mengikuti ujian. Dengan demikian waktu ujian akan fleksibel mengikuti kesibukan masing-masing peserta dan hasilnya juga tidak akan serentak sama pada semua peserta, akan tetapi satu per satu.

Pengiriman Materi Pelajaran

Berkaitan dengan pembaharuan proses ujian di atas, maka kami juga akan memperbaharui sistem pengiriman paket pelajaran menjadi pengiriman secara personal via e-mail kepada setiap peserta. Memang ini cukup memakan waktu namun lebih efektif dari sisi kekuatan komunikasi dengan peserta secara terfokus.

Oleh sebab itu bagi peserta yang ingin mendapatkan kiriman materi pelajaran diharapkan langsung memberitahukan kepada kami via alamat e-mail santritauhid [at] gmail [dot] com. Dengan catatan mohon untuk memberitahukan materi terakhir yang sudah didapatkan sampai mana. Misalnya, ‘terakhir sudah dapat materi ke-16 kelas pemula’.

Metode baru ini akan kami terapkan mulai bulan Maret 2014. Dengan demikian pengiriman materi via grup fesbuk kami hentikan dan fungsi grup fesbuk dialihkan menjadi forum konsultasi dan tanya jawab umum. Selain itu, grup fesbuk akan kami satukan dengan grup peserta dari semua kelas dan angkatan menjadi grup baru dan terbuka untuk umum.     

Update Materi Via Blog

Untuk memudahkan pengecekan kemajuan proses belajar mengajar dan pencarian bahan pelajaran untuk peserta, maka setiap pelajaran yang kami kirimkan juga akan kami posting di dalam blog programtaisir.wordpress.com secara bertahap.

Biaya Pendidikan

Berkaitan dengan ini, kami juga mengumumkan bahwa biaya pendidikan untuk program ini -untuk penerimaan angkatan baru yang akan datang- kami hapuskan dan program ini bisa diikuti secara gratis bagi siapa saja dengan harapan bisa mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi umat Islam dimana pun berada.

Meskipun demikian, apabila ada pihak-pihak yang ingin memberikan kontribusi donasi dakwah maka bisa dikirimkan via :

BNI Syariah no rek. 0200336067 a/n Windri Atmoko

Bagi yang sudah mengirimkan donasinya mohon untuk mengirimkan sms konfirmasi ke nomor kami di 0812 2792 0911 atau via e-mail di santritauhid [at] gmail [dot] com dengan format sbb: Nama, alamat, jumlah donasi, tanggal transfer, donasi mubarok.

Donasi yang masuk akan digunakan untuk menunjang kegiatan dakwah dan pendidikan Ma’had al-Mubarok Yogyakarta. Bagi yang ingin mengetahui info tentang kegiatan ma’had tersebut silahkan membuka alamat: http://www.al-mubarok.com.

Penerimaan Peserta Baru

Untuk sementara ini kami belum bisa menerima peserta baru. Semoga setelah proses perbaikan dan pembaharuan ini berjalan lancar serta memenuhi hak para peserta yang sudah bergabung lebih dulu maka penerimaan peserta baru akan segera kami umumkan. Hanya kepada Allah lah kami meminta taufik dan pertolongan.

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bisa mendatangkan banyak kebaikan bagi kami dan segenap kaum muslimin. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

 

Tertanda, Panitia Program at-Taisir

2 Comments (+add yours?)

  1. Muhammad Arifin
    Mar 08, 2014 @ 14:29:38

    Assalamu’alaikum ww. Saya, Muhammad Arifin, berminat mendaftar sebagai peserta baru Pendidikan Bahasa Arab Jarak Jauh Program At Taisir. Agar tidak ketinggalan informasi terkait pendaftaran peserta, mohon saya dikontak via email saya: ardjuna78@yahoo.com atau HP 081310437991. Terima kasih. Wassalamu’alaikum ww.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 36 other followers

Keutamaan Ilmu

Abu Hurairah dan Abu Dzar radhiyallahu’anhuma berkata, “Sebuah bab tentang ilmu yang kamu pelajari lebih kami cintai daripada seribu raka’at sholat sunnah.” (lihat Tajrid al-Ittiba’ fi Bayan Asbab Tafadhul al-A’mal, hal. 26 karya Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaili hafizhahullah)

Pentingnya Ikhlas

Dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu’anhu, beliau menceritakan bahwa dahulu ada seorang lelaki yang datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu dia bertanya, “Ada orang yang berperang untuk fanatisme kelompok, berperang untuk menunjukkan keberanian, dan berperang untuk mendapat pujian. Manakah diantara itu semua yang berada di jalan Allah?”. Maka beliau menjawab, “Barangsiapa yang berperang demi meninggikan kalimat Allah, maka itulah yang berjihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keagungan Sabar

Sufyan bin ‘Uyainah rahimahullah berkata, “Tidaklah hamba mendapatkan karunia yang lebih utama daripada kesabaran. Karena dengan sebab kesabaran itulah mereka masuk ke dalam surga.” (lihat at-Tahdzib al-Maudhu’i li Hilyat al-Auliyaa’, hal. 459)
%d bloggers like this: